• 2022-08-16
  • Admin

Kamis 30 Juni 2022, Team PPID Padang Mengatas, melakukan Zoom Meeting dengan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Selaku PPID Utama yaitu Bapak Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr, Ph.D, Aryo Wicaksono, Wahyu, dan Dedi Soleman sebagai Narasumber terkait Pemulihan Website dan Aplikasi Pelayanan Informasi Publik di setiap UK dan UPT.

Dalam kegiatan Zoom Meeting tersebut dijelaskan bahwa semua website dan aplikasi lainnya masih proses pemulihan. Dedi Soleman Menjelaskan bahwa “semua UK/UPT harus melakukan back up data karena mengingat kapasitas memory dan storage di pusat belum bisa memback up semua website di setiap UK/UPT”.

Saat hendak melakukan akses website Kementerian Pertanian diharapkan untuk semua UK/UPT menggunakan Windows yang original dan sudah terdapat anti virus agar dapat meminimalisirkan serangan dari Siber. Setiap UK/UPT di wajibkan juga untuk Upgrade PHP  dengan Centos 7,4 agar dapat memuat kapasitas dan ruang penyimpanan back up data yang memadai. Semakin banyak aplikasi yang tidak memuat windows original dan kapasitas PHP yang rendah akan membuat aplikasi semakin berisko dari serangan Siber.

Dedi Soleman menjelaskan bahwa “ pada saat ini aplikasi di website untuk semua UK/UPT pada bagain berita hanya sampai di bulan oktober 2021 sedangkan bulan, dan tahun berikutnya sudah terhapus oleh serangan siber” maka diharapkan untuk semua UK/UPT membuat list aplikasi apa saja yang belum aktif dan belum bisa diakses.

Sedangkan untuk email Kementan masih melakukan proses perbaikan, karena mnengingat produk aplikasi email menggunakan email microsoft account. Sehingga   akan melakukan jadwal mengaktifkan semua data dari pihak Eselon 1, selanjutnya akan dibuat rekapan dalam kurun waktu minimal satu minggu, mana saja instansi UK/UPT yang sudah siap mengaktifkan emailnya kembali. 

Share This