• 2022-09-01
  • Admin

Jakarta Senin 29/8/22. Kementerian pertanian mengadakan acara sarasehan petani milenial tahun 2022. Kegiatan ini merupakan pertemuan petani milineal dengan mengusung kegiatan yang inovatif dan kolaboratif. Dengan tujuan meningkatkan peran petani milenial dalam mengembangkan dan memajukan sector pertanian.. kegiiatan ini juga akan menumbuh wirausaha muda pertanian dan mendukung upaya penguatan ketahanan pangan nasional.  Pada kegiatan ini BPTU-HPT Padang Mengatas ditugaskan untuk membina dan mendampingi petani milenial 50 kota dan komda agam.

Acara ini dilaksanakan dalam bentuk forum diskusi, pameran produk pertanian, gelar teknologi, Business Matching dan perkemahan dengan peserta dan panitia sejumlah 600 orang dari petani milenial wilayah Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Sambutan acara disampaikan langsung oleh Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH dengan menyampaikan bahwa petani milenial harus menjadi pelapor pembangunan pertanian perdesaan dalam meningkatkan produktifitas dan daya saing produk pertanian.

Petani milenial itu harus kreatif dan aktif, jangan mau kalah sama petani kolonial. Yang namanya petani milenial itu punya pergaulan dan bergaulan dengan orang-orang baik. Yang saya senang dari petani milenial itu tidak mau kalah. Inilah saatnya kita  gas pol," ujar Mentan dalam acara sarasehan petani milenial 2022, Senin (29/8/2022).

Menurut Syahrul, kondisi dunia saat ini membutuhkan tangan-tangan kreatif anak muda dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. Apalagi Indonesia sebagai negara besar memiliki tanah yang subur dan bisa ditanami apa saja yang dibutuhkan masyarakat dunia.

Kita pecaya bahwa di tangan anak muda masa depan bangsa akan lebih baik lagi. Yang penting mereka mau melakukannya. Kita berharap dengan pertanian Indonesia jadi lebih baik karena selama ini terbukti menjadi bantalan ekonomi. Pertanian yang paling siap menghadapi tantangan-tantangan apapun hari ini, besok dan masa yang akan datang," katanya

Share This