• 2018-04-23
  • Admin

Padang Mengatas, 6 Juli 2022 – Kapolres Payakumbuh menyambangi BPTU-HPT Padang Mengatas dalam rangka kordinasi penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak. Pada kunjungan tersebut Kapolres Payakumbuh AKBP. Alex Prawira. Sh. S.I.K, di dampingi  Kabag ESDM AKP R. Almi (Kabag Ops),  Kasat Binmas AKP. Yunaldi Chainir. MH, dan serta Polsek Luak. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas Dani Kusworo, S.Pt, M.Si, didampingi Ketua Satgas PMK BPTU-HPT Padang Mengatas drh. Darwis, M.Pt

Dalam kordinasi ini, BPTU-HPT Padang Mengatas dengan Polres Payakumbuh sepakat melakukan pemantauan hewan terkait PMK “kata Kapolres Payakumbuh AKBP. Alex Prawira. Sh. S.I.K, Rabu (6/7). Pemantauan juga dilakukan pada peternak dan asal hewan ternak, disamping itu Polres Payakumbuh juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak khawatir karena PMK tidak menular kepada manusia.

Sementara itu Kapolres Payakumbuh mengatakan akan memberdayakan dan mengoptimalkan team Kepolisian berkordinasi dengan Dinas Pertenakan Dan Kesehawatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota Payakumbuh.  untuk memantau kondisi ternak masyarakat, dalam upaya pencegahan PMK tidak meluas.

BPTU-HPT Padang Mengatas dan Polres Payakumbuh Menghimbau pada pemilik ternak agar segera melaporkan ternaknya bila menemukan gejala-gejala penyakit PMK sehingga bisa segera dilakukan langkah  pengobatan maupun pencegahan guna memperkecil resiko penularan penyakit ini pada ternak lainnya yang akan dapat mengakibatkan kerugian ekonomi bagi para peternak.

Dalam kesempatan itu kepala BPTU-HPT Padang mengatas menyampaikan langkah-langkah pencegahan PMK di Balai. Beberapa hal yang sudah dilakukan yaitu Penerapan Biosecurity secara ketat, melakukan Lock down, dan bulan ini sudah melakukan vaksinasi tahap pertama untuk semua sapi, melakukan edukasi terhadap masyarakat, serta memberikan sarana prasarana Biosecurity dan memberikan distenfektan bagi peternak sekitar.

Share This