• 2018-04-23
  • Admin

BPTU HPT Padang Mengatas terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam menghasilkan bibit sapi potong dan hijauan pakan ternak unggul. Komitmen tersebut dilakukan secara kontinyu memperbaiki sistem dan manajemen pembibitan, peningkatan kualitas SDM serta menjalankan pemerintahan yang bersih dan transparan. Penerapan manajemen mutu yang baik dibuktikan dengan penerapan ISO 9001:2015  dan ISO Sistem Manajem Anti Penyuapan (SMAP). menjalankan fungsi pemerintahan yang bersih bebas dan anti penyuapan dibuktikan dengan res sertifikat register No. 01 100 127077.

Dalam rangka penerapan ISO 9001:2015 dan ISO Sistem Manajem Anti Penyuapan (SMAP) BPTU HPT Padang Mengatas, tanggal  13 s/d 14 Juni 2022 dilakukan kegiatan res sertifikasi melalui aplikasi zoom oleh auditor Garuda Sertifikasi Indonesia sebagai lembaga yang memberikan Re sertifikasi ISO di BPTU HPT Padang Mengatas. Tim auditor dari Garuda Sertifikasi Indonesia dipimpin oleh Sura dengan melakukan daring (zoom). Kegiatan res sertifikasi diawali dengan pembukaan dan penyampaian dokumen yang dipimpin oleh Kepala Balai, Ir. Dani Kusworo, SPt, MSi didampingi  Kepala Sub Tatata Usaha,  Subtansi Pelayanan Teknis, Sub Sarana dan Prasarana, dan Sub Informasi Jasa Produksi, serta dihadiri semua pejabat fungsional tim ISO BPTU HPT Padang Mengatas.

Pelaksanaan res sertifikasi dilanjutkan dengan audit kesesuaian ke berbagai unit diantaranya unit ketatausahaan dan kepegawaian, unit pelayanan teknis, unit sarana dan prasarana dan unit informasi jasa dan pelayanan produksi.  Pelaksanaan audit oleh tim Garuda  Sertifikasi Indonesia didampingi oleh tim pengawal sistem / fungsi kepatuhan  diketuhai oleh drh. Indahwati, MP  BPTU HPT Padang Mengatas. Audit berjalan dengan lancar dan tidak ada temuan mayor. Dalam artian pelaksanaan manajemen mutu dan anti penyuapan berjalan dengan baik di BPTUHPT Padang Mengatas.

ISO 9001:2015  dan ISO Sistem Manajem Anti Penyuapan (SMAP) merupakan penerapan untuk sistem manajemen mutu dalam upaya memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui perbaikan mutu dan pelayanan. Sedangkan ISO Sistem Manajem Anti Penyuapan (SMAP) merupakan sistem manajemen anti penyuapan, pengendalian anti penyuapan ini dalam rangka untuk menciptakan penyelengaraan instansi pemerintah yang bersih dari praktek-praktek korupsi.

Dalam acara penutupan audit tersebut, Kepala balai Dani Kusworo, S.Pt, M.Si, hadir turut mendengarkan hasil audit. Dan untuk penyampaian sanggahan diwakilkan oleh Wasbitnak Madya Dr. Hary Suhada, S.Pt, M.Sc, menyampaikan, dengan penerapan kedua ISO tersebut harus dipahami oleh seluruh SDM di BPTU HPT Padang Mengatas dan lebih meningkatkan lagi kinerjanya sehingga dapat memberikan pelayan yang terbaik terhadap masyarakat terutama para peternak dan stakeholder terkait lainnya. Selanjutnya akan dapat mejadi budaya kerja yang baik bagi seluruh pegawai mulai dari pimpinan sampai tenaga bawahan mewujudkan kepuasan pelanggan dan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih anti pungli dan penyuapan.

Share This