• 2023-04-17
  • Admin

Anggota Komisi IV DPR Hermanto dalam kunjungan kerjanya di Kepulauan Mentawai memfasilitasi peternak dan masyarakat lewat bimbingan teknis (bimtek) Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Politisi PKS ini juga menyerahkan sapi bantuan pemerintah kepada peternak setempat.

“Beternak harus dengan cinta. Kita beri ternak dengan pakan dan perawatan terbaik.  Nanti hewan ternak itu juga akan memberikan hasil yang terbaik untuk pemiliknya,” papar Hermanto dalam sambutannya pada bimtek di aula Bundo Guest House, Tuapejat, Sipora, Kepulauan Mentawai, akhir pekan lalu.

Dalam kehidupan, menurut Hermanto, harus saling memberi. Setelah memberi maka akan menerima. “Memberi dulu maka nanti akan menerima,” ucap legislator dari FPKS DPR RI ini.

Hal tersebut, lanjutnya, berlaku juga dalam beternak. Kita beri ternak dengan perlakuan terbaik terhadap pakannya, kebersihan badannya, kebersihan kandangnya, perawatan kesehatannya. “Itulah cinta. Nanti, ternak itu juga akan memberi kita hasil terbaik. Harga terbaik,” papar Hermanto.

“Setelah bimtek ini diharapkan semua peserta bisa memberikan cinta, perlakuan terbaik kepada hewan peliharaan masing-masing,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.


Disamping Hermanto, hadir memberikan sambutan pada kegiatan ini Kepala BPTU-HPT Padangmengatas Dani Kusworo, Sekkab Kepulauan Mentawai Rinaldi, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kepulauan Mentawai Hatisama Hura, serta dua tokoh masyarakat Ahmad Siddiq dan Basarudin Pulungan.

Tampil sebagai narasumber kegiatan ini: Deni Mahesarani (Sekretaris Rumah Petani dan Nelayan Nusantara Sumbar), Satria Asmal (motivator SPEKTA Indonesia), Wahidin Beruh (Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumbar) dan Yualiana Elsanida (Staf Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kepulauan Mentawai).

Setelah membuka bimtek, Hermanto berkunjung ke kelompok tani Aleita, Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan, Kepulauan Mentawai. Di lokasi itu Hermanto menyerahkan sapi kepada kelompok tersebut. Kegiatan bimtek Kepulauan Mentawai ini kegiatan terakhir dari rangkaian Bimtek Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan di Sumbar.

Kegiatan bimtek sebelumnya sudah dilaksanakan di Sijunjung (aula Wisma Keluarga 16 Maret 2023), Dharmasraya (aula Hotel Umega 17 Maret 2023), Tanahdatar (aula Hotel Emersia 18 Maret 2023) dan Padangpanjang aula Hotel Pangeran 19 Maret 2023. 

Share This