• 2023-04-27
  • Admin

Ditengah suasana lebaran hari raya idul fitri 1444 H, BPTU-HPT Padang Mengatas tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa, Walaupun pemeliharaan utama di BPTU HPT Padang Mengatas adalah pasture/rotation grazing (extensif), namun sebagian kecil ada yang dipelihara di kandang (intensif).


Pemeliharaan di kandang ini meliputi : mengangkat dan membuang kotoran sapi, mengangkat dan membungan sisa makanan, membersihkan dan menyiram kandang, memandikan sapi, memberi minuman, memberikan makan baik pakan hijauan maupun konsetrat.


Selain tugas rutin tersebut petugas pemeliharaan juga diberi tanggung jawab untuk menjaga kebersihan jalan dan lingkungan sekitar kandang.


Setiap pagi hari dilakukan rapat kilat dengan penanggung jawab pemeliharaan untuk menyesuaikan pekerjaan dan setiap jum'at sore diadakan rapat untuk saling tukar informasi dan sekaligus evaluasi yang sudah dilaksanakan dan menyampaikan rencana kegiatan seminggu kedepan.


Selain pemeliharaan di kandang diperlukan juga  pengecekan rutin untuk ketersedian air,

pengecekan dilakukan setiap hari agar menghindari adanya gangguan dari pipa, dan apabila tidak dilakukan akan mengakibatkan pipa tersumbat oleh benda-benda yang berada di air (daun, pasir, ranting, batu dll). 


Banyak manfaat dari sumber air ini mulai dari mengatur suhu tubuh ternak, membantu proses pencernaan, mengangkat zat pakan ternak, sebagai fotosintesis untuk hijauan dan yang paling penting sebagai syarat utama bagi berlangsungnya proses kehidupan.  


Semoga kegiatan di suasana lebaran ini dapat meningkatkan kinerja kita untuk di hari hari berikutnya, dan dapat mengoptimalkan pekerjaan. Aamin ya rabbal alamin.

Share This