• 2023-05-25
  • Admin

Peningkatan  kapasitas dan pengetahuan/ Konweleg beternak merupakan dasar untuk kesuksesan usaha peternakan itu sendiri. Dengan pengetahuan  yang baik dan pengalaman akan memberikan kemudahan bagi calon peternak untuk menentukan arah serta manajemen usaha peternakan sehingga dapat menguntungkan dan berkelanjutan. 


Dalam upaya peningkatan pengetahuan peternak, pada hari Selasa - Rabu 23-24 Mei 2023, peternak dari Desa Siambul, Kec Batang Gansal, kabupaten Indragiri hilir, melakukan pelatihan dan studi banding di BPTU HPT Padang Mengatas. Para peserta pelatihan adalah pengurus kelompok tani di Desa Siambul sebanyak 15 orang  yang sudah dan akan melakukan usaha peternakan melalui program dana desa Kec Siambul. 


Hadir dalam pembukaan acara pelatihan kepala Balai BPTU HPT Padang Mengatas Dani Kusworo, S.Pt, M.Si. Acara tersebut diawali dengan sambutan dan penyampaian maksud dan tujuan yang disampaikan oleh Bapak  Pardi perwakilan dari Kecamatan, dan Sambutan dari kepala desa Siambul.


Materi yang disampaikan adalah terkait dengan manajemen kesehatan hewan dan pakan. Berdasarkan informasi dari perangkat desa tersebut, bahwa desa mereka ingin untuk megelola bahan extambang batubara yang mencapai ratusan hektar.  Hal ini mendorong perangkat desa bersama masyarakat ingin untuk mengelolah lahan tersebut sehingga dilakukan pelatihan dan studi banding. 


Hari kedua pelatihan, para peserta melakukan kunjungan lapang melihat langsung proses pembuatan silase dan pembuatan hai serta Padang pengembalaan. Diharapkan pelatihan tersebut dapat memberikan informasi dalam pengembangan usaha peternakan.

Share This