• 2023-07-26
  • Admin

Jum'at 21 Juli 2023, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc diselah kesibukannya mengunjungi BPTU HPT Padang Mengatas. Dalam kesempatan itu beliau menyapa seluruh karyawan balai Padang Mengatas dan menyampaikan arahan terkait dengan kondisi perkembangan  sektor pertanian subsektor peternakan global dan nasional. 


Bapak Dirjen menyampaikan kondisi perekonomian dunia termasuk masalah pangan tidak dalam baik baik saja, terjadi perubahan iklim (climate change) secara global yang akan berimplikasi terhadap pembangunan sektor pertanian sub sektor peternakan nasional. Pasca wabah covid 19 yang menghantam perekonomian dunia dan Indonesia, kita dihadapkan dengan tatangan dan cobaan pada sektor peternakan, kita dikagetkan dengan munculnya PMK yang menyerang ternak kita terutama ternak rumunansia, habis PMK muncul lagi LSD, selanjutnya muncul lagi ASF dan AI semua itu telah menghantam sektor peternakan nasional. Tapi semuanya InsyaAllah dapat dihadapi dan diatasi berkat kerja keras dan ikhtiar kita semua kata beliau, dan inilah salah satu dampak dari perubahan iklim global tersebut lanjut beliau. 


Tidak sampai disitu, kata beliau kita masih dihadapkan dengan tantang besar, berdasarkan perkiraan BMKG pada bulan Agustus - September wilayah Indonesia akan  memasuki masa puncak kemarau atau Elnino. Tantangan ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap usaha peternakan, karena air merupakan kebutuhan dasar untuk ternak dan pakan hijauan. 


Menghadapi kondisi tersebut tentu disikapi dengan kerja yang tidak biasa biasa saja lanjut beliau dan selanjutnya memberikan bebrapa pesan penting bagi balai, diantaranya. Balai pembibitan ternak termasuk BPTU HPT Padang Mengatas harus mempunyai target dan melakukan kerja keras yang yang ekstra ordinary, tidak boleh biasa - biasa saja. Harus memliki target apa yang akan dicapai pada lima tahun kedepan, kemudian harus disusun langkah apa yang dilakukan untuk mencapai target tersebut. Libatkan semua stakeholder terkait untuk merumuskan target tersebut kata beliau sehingga kita punya visi yang besar kedepannya yang bermanfaat untuk masyarakat, insan peternakan harus bekerja keras. Berikan semua pegawai tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok mereka, distribusikan pekerjaan dengan baik kata beliau. Selanjutnya disampaikan, patut diingat bahwa Padang Mengatas adalah balai nasional, sehingga harus berkontribusi secara nasional khususnya dibidang peternakan sapi potong.


Selanjutnya beliau berpesan, bangun jaringan, networking dengan seluruh stakeholder terkait sehingga kita dapat membangun dan menyelesaikan masalah peternakan ini dengan baik dan dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dalam pemenuhan pangan asal hewan. Setelah semua ikhtiar kita lakukan maka kita harus berdoa kepada yang maha kuasa, semua usaha itu kita serahkan padanya lanjut Bapak Dirjen. 


Bapak Dirjen juga mengapresiasi kemajuan yang dicapai BPTU HPT Padang Mengatas, banyak lompatan lompatan yang telah dicapai, namun tentu tidak berhenti sampai disitu, harus ada target lebih besar. Terakhir kata beliau supaya semua menjaga kekompakan, melaksanakan tugas tugas yang diberikan dengan baik, tidak ada rasa minder pada posisi manapun karena apapun posisi pekerjaan kita semuanya adalah untuk sama sama mencapai suatu tujuan, visi yang sudah ditetapkan. Maka oleh karena itu jagalah balai ini, berikanlah yang terbaik kepada masyarakat kata beliau.

Share This