• 2023-09-25
  • Admin

Halo Sahabat Patas

[ Survei Harga Sapi ]


(Sabtu, 23 September 2023)

Tim BPTU-HPT Padang Mengatas melakukan survei harga ternak sapi di UPTD Pasar TernaK Palangki, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Hewan ternak yang diperdagangkan di Pasar Ternak Palangki ini terdiri dari sapi dan kerbau yang berasal dari berbagai daerah baik berasal dari daerah Sumatera Barat, dan berbagai daerah luar provinsi. 


Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Erleigh Arnoldi S. Pt sebagai pengelola pasar ternak ini, mengatakan bahwa harga sapi stabil namun saat ini kondisi lalu lintas penjualan ternak lesu semenjak covid hingga saat El Nino sekarang. Pasar ternak ini buka setiap hari dengan puncaknya di hari Sabtu, namun pada kondisi saat ini penjualan karcis yang biasanya mencapai 400an, sekarang hanya 100-200an karcis saja.


Dalam kegiatan ini tim BPTU-HPT Padang Mengatas melakukan pemantauan harga sapi dengan mewawancarai sekaligus berdiskusi dengan beberapa pedagang sapi terkait harga sapi di pasar ternak ini. Objek yang diamati meliputi sapi dan hijauan pakan ternak sedangkan Variabel yang diamati dalam survei ini diantaranya harga pembelian & penjualan sapi, biaya produksi (kebutuhan & harga pakan hijauan serta olahan, tenaga kerja dan operasional) serta margin keuntungan yg di dapat pedagang.


Jenis sapi yang diamati yaitu  sapi simmental limousin dan sapi lokal (sapi pesisir) di tingkat produsen/ peternak baik sapi jantan dan betina baik bibit, non bibit dan afkir. Survey ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang holistik dalam justifikasi tarif penerimaan negara bukan pajak untuk komoditas peternakan di BPTU-HPT Padang Mengatas. 

Share This