• 2023-09-25
  • Admin

Halo Sahabat Patas

[ Survei Harga Sapi ]


(Minggu, 24 September 2023)

Sama halnya dengan kegiatan tim kami yang melakukan survei di Pasar Ternak Batusangkar, Kab. Tanah Datar dan Pasar Ternak Palangki Kab. Sijunjung sebelumnya, kali ini tim BPTU-HPT Padang Mengatas juga melakukan survei terkait harga ternak sapi di Pasar Ternak Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Hewan ternak yang diperdagangkan di Pasar Ternak ini terdiri dari sapi, kerbau dan kambing yang berasal dari berbagai daerah sekitar Payakumbuh dan Kab. Limapuluh Kota. 


Berdasarkan informasi yang didapatkan dari petugas pengelola pasar ternak ini, mengatakan bahwa harga sapi stabil namun saat ini kondisi lalu lintas penjualan ternak menurun. Pasar ternak ini buka di hari Minggu setiap pekannya. 


Pemantauan survei harga sapi ini dilaksanakan dengan mewawancarai sekaligus berdiskusi dengan beberapa pedagang sapi di pasar ternak ini. Objek yang diamati meliputi sapi dan hijauan pakan ternak sedangkan variabel yang diamati dalam survei ini diantaranya harga pembelian & penjualan sapi, biaya produksi (kebutuhan & harga pakan hijauan serta olahan, tenaga kerja dan operasional) serta margin keuntungan yang di dapatkan oleh pedagang.


Jenis sapi yang kami survei yaitu  sapi simmental, limousin dan sapi lokal (sapi pesisir) di tingkat produsen/ peternak baik sapi jantan dan betina baik bibit, non bibit dan afkir (infausta) . Survei ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang holistik dalam justifikasi tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak untuk komoditas peternakan di BPTU-HPT Padang Mengatas. 

Share This